DIGITAL MARKETING
Oleh: Annisa
Maulidina
Digital
Marketing merupakan strategi memperkenalkan produk berupa barang dan jasa
kepada konsumen melalui pemanfaatan teknologi digital. Di saat ini sudah banyak
sekali teknologi-teknologi canggih, maka dengan banyaknya berbagai perubahan
yang terjadi kita harus mampu beradaptasi terhadap perubahan yang ada termasuk
Digital Teknologi yang saat ini sedang berkembang pesat.
Mengapa
Digital Marketing itu sangat penting?
Berdasarkan
dari data bulan Januari tahun 2019, total populasi di Indonesia adalah 268,2
Juta dari total populasi tersebut maka 150 Juta populasi diantara nya sudah
mulai menggunakan internet dan keseluruhan dari pengguna internet ini sudah
mengakses atau aktif menggunakan sosial media, hampir 80% pengguna sosial itu
mengakses nya dengan menggunakan Smartphone.
Saat ini
sudah banyak sekali pengguna Smartphone, Smartphone bukan lagi menjadi barang
mewah banyak penduduk yang sudah bisa menggunakan Smartphone dan setiap
Smartphone pasti memiliki Aplikasi media sosial di dalam nya. Sehingga mengapa
beberapa pemasar saat ini menggunakan sosial media sebagai strategi pemasaran
nya, dikarenakan banyak konsumen yang telah aktif menggunakan sosial media
melalui Smartphone nya. Pertumbuhan penggunaan Gadget, akses terhadap internet,
dan aktif dalam penggunaan sosial media itu berkembang sangat pesat
dibandingkan dengan jumlah populasi itu sendiri. Hal ini menunjukkan satu
gejala positif yang seharusnya dipandang oleh Entrepreneur sebagai
peluang. Terlihat muncul satu pola baru dalam konsumen kita harus
mempertimbangkan Media Digital sebagai bagian dari strategi pemasaran. Tidak
lagi memikirkan mengenai strategi-strategi konvensional, karena konsumen jarang
sekali memperhatikan Billboard di jalanan, jarang sekali membaca brosur
konvensional dengan baik. Sehingga dengan menggunakan media konvensional sudah
tidak cukup efektif dan efisien bagi perusahaan. Berbeda hal nya ketika sebuah
advertising ditempatkan pada media-media digital, seperti contohnya diletakkan
pada media sosial agar produk kita banyak dikenal oleh masyarakat. Rata-rata
penduduk Indonesia telah menghabiskan hampir 8 jam per hari menggunakan
internet. Maka ini menjadi peluang yang besar bagi Entrepreneur untuk
menggunakan Media Digital sebagai media promosi atau media pemasarannya.
Berdasarkan
dari data Tahun 2019, Rata-rata penduduk Indonesia mengakses sosial media
hampir tiga jam bahkan lebih dalam sehari. Bahkan pada saat ini dikarenakan
dengan adanya Corona Virus, maka semakin banyak waktu yang telah dihabiskan
dalam mengakses sosial media. Tidak hanya di Indonesia tetapi secara global
bahwa penggunaan media digital ini menjadi kebutuhan utama bagi seluruh
konsumen yang ada. Data pada tahun 2019 tentang beberapa sosial media platform
yang paling banyak digemari oleh pengguna sosial media diantara lain ada
Youtube, Whatsapp, Facebook, Instagram, Line, Twitter, FB Messengger, BBM,
Linkedin, Pinterest, Skype, Wechat, Snapchat, Path, Tumblr, Reddit. Ini menjadi
wawasan baru atau Informasi baru bagi para pelaku usaha, setidaknya para pelaku
usaha bisa mempertimbangkan bahwa harus memasang sebuah iklan melalui sosial
media. Dikarenakan sosial media yang paling sering digunakan, hal ini bisa kita
refleksikan pada diri kita sendiri bahwa sosial media bisa menjadi pertimbangan
bagi para pemasar untuk mebuat iklan dan mempromosikan produk.
Rencana
strategis yang dapat dilakukan oleh Entreprenuer agar usaha yang kita
jalankan menjadi berkembang, produk kita dapat dikenal oleh banyak orang, mampu
berdaya saing dengan lingkungan sekitar. Kita sebagai Entreprenuer bisa
menggunakan konsep Sostac (Situation analysis, Objectives, Strategy, Tactics,
Action, Control). SOSTAC merupakan model perencanaan digital pemasaran agar
lebih efektif dalam penerapan pemasaran digital perusahaan untuk pemasaran
produk. Sostac digunakan sebagai kerangka perencanaan untuk mengidentifikasi
masalah marketing pada suatu pemasaran produk. Berikut ini penjelasan
tahapan-tahapan dalam Sostac yang akan menjadi dasar untuk mengidentifikasi
masalah suatu pemasaran pada perusahaan sehingga dapat menghasilkan perencanaan
pemasaran yang efektif :
1.
Situation analysis (Analisis Situasi)
Bertujuan
untuk menganalisa situasi dari proses pemasaran yang sedang berjalan pada
perusahaan. Seorang Entrepreneur perlu tahu terlebih dahulu kondisi perusahaan sekarang
ini sedang berada diposisi mana. Tahapan ini mampu memberikan gambaran mengenai
organisasi kita dan untuk mencapai hal ini, dapat menggunakan metode berikut
ini untuk mendapatkan hasil maksimal :
1.
Siapa konsumen digital kita saat ini, bagaimana
mereka melakukan interaksi dengan merek, platform apa yang digunakan, dan
bagaimana demografinya.
2.
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses,
Opportunities, and Threats).
3.
Analisis kompetitor.
4.
Lanskap kanal digital.
5.
Kemampuan dan sumber daya internal
2.
Objectives (Tujuan)
Fokus
terhadap tujuan-tujuan yang ingin dicapai melalui strategi yang akan
dirumuskan. Penetapan strategi dengan menggunakan metode 5S singkatan dari :
1.
Sell, akuisisi pelanggan dan terget retensi
2.
Serve, target kepuasan pelanggan
3.
Speak, jumlah pelanggan yang terlibat
4.
Save, keuntungan efisiensi yang terukur
5.
Sizzle, kekuatan situs dan durasi kunjungan
Pelaksanaan
program marketing nantinya akan mempermudah dalam tahap evaluasi karena sudah
dibuat Batasan-batasan tujuannya.
3.
Strategy (Strategi)
Strategi
adalah cara perusahaan mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan dan
diketahui Bersama. Perencanaan strategi akan menggunakan metode STOP and
SIT.STOP (Segment, Target, Market, Online Value Proposition (OVP), dan
Positioning). Pembentukan strategi menggunakan SIT (Sewuence or Stage,
Integration, dan Tools). Strategi yang telah dibuat itulah merupakan pemodan
yang dijalankan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
4.
Tactics (Taktik)
Taktik
merupakan Langkah-langkah atau tahap-tahap yang akan dilakukan untuk
pelaksanaan sebuah strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan digital
marketing. Penetapan strategi dengan menggunakan metode 5S. 5S adalah singkatan
dari Sell, Serve, Speak, Save, and Sizzle. Kemudian rumuskan masing-masing
variabel tersebut secara SMART (Specific, Measurable, Actionable, Relevant,
dan Time-related).
5.
Action (Aksi)
Menjalankan
taktik yang telah dirumuskan dalam bentuk aksi yang terukur di lapangan marketplace
yang sebenarnya. Dapat
dibuat berupa rangkaian proses kerja yang terstruktur dan terjadwal
berupa flow chart, gantt chart, table activity based time dan tak
kalah penting mempersiapkan manajemen resiko yang mungkin terjadi saat eksekusi
taktik di lapangan dan juga mempersiapkan siapa, kapan dan bagaimana yang
bertanggung jawab pada setiap business. Proses, perencanaan budget,
alokasi sumber daya secara detail, sehingga dapat meminimalisir hal-hal yang
dapat menghambat mencapai tujuan perusahaan.
6.
Control (kontrol)
Memeriksa
atau mengevaluasi secara berkala apakah aksi yang telah dilakukan sudah sesuai
dengan tujuan perusahaan. Perhatikan taktik-taktik yang sudah dilakukan,
setelah itu lakukan kontrol saat melaksanakan semua taktik tersebut. Berikut
cara memantau kinerja dalam perusahaan :
1.
Melakukan 5S dan analisis web
2.
Pengujian kegunaan suatu produk
3.
Survey kepuasan pelanggan
4.
Profil pengunjung situs
5.
Frekuensi pelaporan
6.
Proses laporan dan Tindakan
Disaat
situasi pandemi Covid ini kita sebagai Entrepreneur harus bisa menjadi
lebih kreatif lagi dan inovatif. Penjelasan diatas bisa dilakukan oleh semua
pelaku usaha untuk menjalankan suatu usahanya agar dapat berkembang dan berdaya
saing. Sebagai Entrepreneur harus memiliki sikap bertekad kuat, berani
mengambil resiko, dan dapat menghadapi segala tantangan yang ada. Bahkan pada
saat Pandemi ini dengan menggunakan media digital akan mempunyai peluang yang
sangat besar bagi pelaku usaha.
Baca artikel menarik lainnya tentang wirausaha https://www.duniakampus40.net/
Kereeen!
BalasHapusBermanfaat!
Hapusterimakasih informasinya🙌🏻
BalasHapusWahh keren, terima kasih infonyaa
BalasHapuskerenn, terimakasih informasinya
BalasHapusterimakasih informasinya dina, bermanfaat sekali
BalasHapusMantap!!!!
BalasHapus